Perbedaan antara POP3 dan IMAP (Lumayan Lengkap)

typhun
3



POP3 dan IMAP adalah protokol untuk menghubungkan server email untuk email klien. Atau, bahasa umumnya adalah dua metode berbeda yg memungkinkan kamu untuk men-download pesan email ke komputer Anda, ponsel atau tablet. Bahkan jika kamu bukan seorang teknisi, kamu mungkin pernah mendengar salah satu atau kedua istilah ini sebelumnya.


Dalam pengertian yang paling umum, Keduanya adalah teknologi yang handal dan keduanya akan memberimu sebuah akses email. Bahkan, keduanya telah ada Sejak 1980-an.

Oke, jadi apa sih yang bikin mereka berbeda? Untuk menjawab pertanyaan itu, disini ada penjelasan singkat tentang mengapa teknologi ini diperlukan. Ketika email baru yang dikirim kepada kamu, terlebih dulu sebenarnya dikirim ke server di suatu tempat di luar sana di awan :). Jika pun ingin memeriksa email melalui layanan cloud, seperti Gmail, Kamu dapat melakukannya tanpa bantuan POP3 atau IMAP. Tetapi jika kamu ingin memeriksa email pada ponsel Smartphone, atau mungkin lebih suka pake Outlook atau Thunderbird (si duo layanan email desktop paling keren) melalui interface web Gmail, kamu perlu beberapa cara untuk menghubungkan server remote ke telepon atau komputer.

Email, yang ada pada server, memerlukan cara untuk sampai ke alamat email yang kamu pakai saat ini, di telepon, tablet atau desktop. Nah.. POP3 dan IMAP itu seperti jembatannya. Mereka menghubungkan klien email lokal milikmu ke server berbasis cloud di mana email mu berada.



POP3 dan IMAP seakan serupa tapi tak sama.. Cieeh, tetapi keduanya melakukannya sedikit berbeda. Ok tetap dengan asumsi analogi jembatan. Jembatan POP3 secara ketat satu arah. Email dapat melakukan perjalanan lebih dari itu untuk klien email Anda, tetapi kemudian koneksi ke remote server diDROP. Dari point satu itu, apa yang kamu lakukan dengan email pada klien email tidak berpengaruh pada email di server. coba Hapus salah satu email pada teleponmu, misalnya, bekas emailmu akan tetap ada di server. Gampang nya POP3 itu CINTA Bertepuk Sebelah tangan :D :D :D

Sedang IMAP, di sisi lain, adalah jalan dua arah. Bukan hanya mengirimkan pesan ke klien email mu dan menDROP koneksi, ia bakal mempertahankan koneksi dan pesan syncronoss didua tempat. misal Hapus pesan pada ponsel mu, wuss.. bakal hilang permanent..

Mana yang lebih baik? Yah, itu tergantung pada bagaimana kamu menggunakan email, mau privasi atau tidak... Jika tidak ingin layanan HP mu syncronous ke layana Cloud Computing, POP3 adl layanan yg tepat. Di sisi lain, jika ingin email disinkronkan di setiap lokasi, IMAP dapat melayani lebih baik.


NB : untuk saran saja.. kalo aq menggunakan Layanan POP3 untuk dipakai pada email buat Pekerjaan.. Sementara untuk Email Pribadi Pakai IMAP saja. Alasannya adalah beda masalah keamanan saja. :)


Post a Comment

3Comments

Post a Comment