Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Menggunakan CDN dan Keunggulan serta Manfaat


CDN (Content Delivery Network) adalah sebuah teknologi untuk menyimpan dan menyajikan isi website dari jaringan yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Dengan teknologi CDN maka isi website teman-teman tidak hanya tersedia di server asal, namun juga tersimpan di jaringan CDN tersebut.

Teknologi CDN memungkinkan penyajian isi website dari server terdekat dari pengunjung. Misalkan server asal dari website teman-teman berada di Amerika, maka dengan CDN para pengunjung yang berasal dari Eropa akan dilayani oleh server terdekat, katakan London, sehingga jarak lebih dekat dan waktu akses lebih cepat. Sedangkan tanpa CDN, maka pengunjung Eropa tetap dilayani oleh server Amerika, dimana tentunya jarak lebih jauh dan waktu akses lebih lambat.



Tentunya akses database tetap dilayani oleh server asal. Teknologi CDN hanya melakukan penyimpanan dan penyajian untuk isi-isi file statis, seperti gambar dan html.

Disamping itu teknologi CDN biasanya dilengkapi keamanan tambahan untuk menghadapi Bot Jahat, Scrapers, Spammers dan sebagainya.


CDN umumnya juga dilengkapi dengan teknologi untuk mengalihkan ke jalan rute terdekat lainnya apabila terdapat server dalam jaringan CDN yang sedang down. Sehingga hal ini juga bagus untuk SEO.

Terdapat berbagai macam penyedia CDN, misalnya:

Cloudflare: Tersedia paket gratis dan bayar.
Incapsula: Tersedia paket gratis dan bayar.
Dsb.

Kredits Pic : Incapsula Dot Com
Kredits Form : Google Dot Com, SemutKecil Dot Com