Maaf, Judulnya sok Enggres...

Ada beberapa tool/perangkat Software yang biasanya menemani para programmer PHP, diantaranya ya Macromedia Dreamweaver 8, trus kudu pake XAMPP, lebih jadul lagi ya cuma pake Notepad.. :)

Sebenarnya sih banyak sekali Tools siap pakai yang ada dan tersedia serta memudahkan, dan pula gratis tanpa perlu crack sana sini.

Disini sebertar lagi akan saya jelaskan daftar para Tools gratis siap pakai buat mengembangkan WEB berbasis PHP, tapi di Windows aja.


AMP Stack
Apache, MySQL dan PHP adalah tool yang yang saling berkaitan, Apache sebagai webserver,MySQL sebagai database server dan PHP sebagai bahasa pemrogramanya. Jika anda ingin membuat program dengan PHP, 3 sofware diatas harus diinstal.  Mengingat instalasi dan konfigurasi masing masing tool agak rumit, lbih baik kita memakai  bundle siap pakai dengan sekali install pilihan AMP stack diantaranya:

WAMP
WAMP adalah Program/Software kumpulan atau paket - paket: Apache, MySQL, dan salah satu dari PHP, Perl atau Python. Apache adalah server web. MySQL merupakan database open-source. PHP, Perl dan Python adlah bahasa scripting yang dapat memanipulasi informasi yang diadakan di database dan menghasilkan halaman web dinamis pada browser. Program lain juga dapat dimasukkan dalam paket, seperti phpMyAdmin yang menyediakan UI/Usr Interface grafis untuk manajer database MySQL.

XAMPP
XAMPP bukan hanya mencakup Apache, MySQL, PHP saja namun juga dilengkapi dngan   Perl, mod_perl, mod_ssl, OpenSSL,  Webalizer, Mercury Mail Transport System for Win32 and NetWare Systems v3.32, Ming, FileZilla FTP Server, mcrypt, eAccelerator, SQLite, and WEB-DAV + mod_auth_mysql dan Lain-lain.

Macromedia Dreamweaver 8
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Suite 6 (sering disingkat Adobe CS6).

Appserv
App serv adalah AMP stack yang paling saya suka, hal ini karena ringan dan sederhana, File installernya pun kecil. Hal yang paling menarik dari Appserv adalah struktur direktori setelah insalasi sangat mudah dipahami, hanya ada empat  folder utama yaitu apache untuk konfigurasi dan file binary apache, MySQL , PHP berisi file binary php beserta konfigurasinya dan yang terakhir adalah folder www.  Di Folder WWW inilah kita meletakan file cod  PHP yang kita buat. Appserv juga sudah menyertakan phpmyAdmin untuk kemudahan pengelolaan mySQL.

WappStack
WappStack adalah bundle dari perusahaan Bitnami. Perbedaannya dengan XAMPP atau Appserv adalah database yang digunakan. Wappstack menggunakan PostgreSQL dengan manajemen databasenya phpPgadmin, sangat cocok bagi anda yang ingin menggunakan database postgresSQL.

EDITOR/IDE
Setelah AMP stack, tool berikut nya adalah editor.  Sebenarnya anda bisa saja menggunakan notepad, namun sangat tidak disarankan. Untuk membuat program PHP disarankan anda menggunakan Program editor yang mendukung fitur penomoran baris, lipat kode (code folding), dan pewarnaan sintak (syntax highlighting) serta autocomplete.
Berberapa editor yang free adalah Aptana studio, Notepad++ dan intype. Aptana lebih tepat disebut sebagai IDE karena fiturnya sangat lengkap dan mendukung mode project.  Notepad++ terkenal karena sangat ringan dan mendukung plugin sedangkan intype adalah editor super ringan yang mendukung ataucomplete berbagai macam bahasa.

Ok, BrEE... Sekian dulu ngoceh buat artikel nggak penting diatas. :)
Kalo yang baca para Master PHP, (malu saya).

Kredits : 
Google Images Dot Com
Wikipedia Dot Com