Cloud Storage dan 4 kegunaannya

typhun
0

Cloud Storage lagi nge-Trend nih, Google Drive dan Microsoft Skydrive baru-baru ini mulai ramai bersaing dalam dunia Cloud Storage/penyimpanan awan :D

Lalu, apa sih gunanya Cloud Storage ato (dalam bahasa paling mudah dipahaminya itu kayak Hardisk External tapi ada dimana-mana, mudah diakses, tak terbatas dan semua orang bisa punya- enak banget deh :D), mungkin gitu ya ?

Sebuah Solusi utama dalam memecahkan masalah saat bekerja online, yang lain mungkin masih sedikit bingung tentang kegunaan menjaga data mereka di internet maupun bukan. Berikut adalah beberapa ide bagi para geek dan untuk non-geek, lau untung nya APA sih ?

1. Sharing dan Kolaborasi

Salah satu tujuan utama oleh layanan Cloud Storage adalah: kemungkinan Sharing file dan bekerja kelompok, tanpa khawatir masalah memiliki file dengan versi yang berbeda. sebagai contoh, ketika kamu kuliah dan sedang diskusi, kamu langsung bisa sharing data ataupun file secara langsung, cepat dan efisien walaupun sedang buru-buru, tentu saja gak usah saling berkirim data lewat email dulu, instant messenger bwat sharing file. :).

Google Drive, Dropbox dan Skydrive adalah situs yang tepat untuk pekerjaan kolaboratif.

2. Back Up Data

Cloud Storage itu tempat yang bagus untuk menyimpan salinan file-file mu yang paling berharga.

Layanan seperti GD Dropbox : mereka menyediakan software desktop biar kamu bisa drag dan drop file serta men-sinkronkan secara otomatis Cloud Storage nya.

Online backup, aman dan cepat :).





3. Kelola Dokumen mu secara Online tanpa install apapun

Banyangkan bila data diseluruh dunia dapat diketahui oleh setiap orang, dapat diakses secara cepat dan FREE, Harddisk mereka sama dengan harddisk kita. tentu inilah seuah kemajuan teknologi Informasi.

Nggak kebetulan lho kalo Google Docs kini sudah di UPGRADE menjadi Google Drive.
dengan begitu kita bisa mengakses lebih dari 15 jenis file kayak .DOC, .DOCX, .PDF, .PSD dan lain-lain.

Kalo kamu termasuk yang terbilan sering sharing file dengan teman ato rekan kerja, coba aja Google Drive. kenapa?, karena kamu nggak bakal butuh lagi Ms Word ato apapun di PC mu, sudah tersedia lengkap kok.

4. Sebagai Web Host.

Eee, tunggu dulu... yang dimaksud disini bukan Web Host yang komplet tur Dinamis, yaa cukuplah buat Website sederhana, Company Profle, Portofolio bwat temen-temen kamu aja, yang penting berfungsi lah, contohnya : DropBox dan Drop Pages.

Cuman, kalo Drop Pages lebih kaya fitur lah. karena bisa pilih template, ubah sesuai dan upload ke Kustom Domain :D



Oke, selamat menikmati deh.

Ohh, lupa.. kekurangannya apa?, Alokasi space nya  dong. biasanya kalo yang gratis an emang diatasi total Space nya, tergantung pihak layanan Cloud Storage yang mana dulu.

Sekian.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)