GNOME, KDE, XFCE, LXDE ?, ada juga Fluxbox ?, Enlightenment ?


Apa sih ?


CLI ato Command Line Interface ??? *_*


Singkatnya, mereka disebut dengan Desktop Manager, dalam bahasa kita yaitu yang mengatur tampilan grafis di Desktop.
Artinya kalau kita memakai komputer tinggal klak-klik saja. Tidak perlu ketik-ketik perintah lagi karena sudah ada Desktop Manager. Entah itu GNOME, KDE, XFCE atau yang lain.
Untuk memahami lebih detail lagi dimana posisi Desktop Manager ini, kita mesti melihat ke arsitektur linux itu sendiri.
Untungnya Linux itu transparan. Setiap layer/lapisan yang menyusun sebuah system operasi bisa terlihat dengan jelas.
Berbeda dengan system operasi yang mahal itu. ^-^  User tahunya cuma apa yang tampak di depan mata. Ada apa dibelakang ya ndaaak taaauuu masss.


Lapisan-lapisan yang menyusun Linux. Dimulai dari level kernel yang paling dekat dengan hardware, hingga Desktop Manager.
Setiap layer menjadi penghubung komunikasi antara layer yang ada diatasnya dengan layer dibawahnya, begitu pula sebaliknya.
Layer kernel bertugas untuk berkomunikasi dengan hardware, termasuk pengaturan Memory, Processor, VGA dll. Diatasnya ada beberapa utility dan daemon atau service yang bisa di pakei oleh user tapi dalam bentuk command line dan bebasis text.




Terlihat pada gambar ada Xserver yang menjadi pondasi komunikasi antara desktop environment dengan kernel. Xserver ini tidak jauh berbeda dengan service-service lain seperti http server atau database server. Library Xlib menjadi alat komunikasi Xserver dengan library lain yang ada dilevel yang lebih tinggi. Level berikutnya adalah GTK, Qt dll. Nah library-library inilah yang digunakan untuk membangun Desktop Manager. Misalnya KDE dibangun diatas Qt, dan GNOME dibangun dengan library GTK. Baru diatas level inilah dibangun applikasi-aplikasi yang berbasis grafis, yang bisa diklik kanan dan kiri.


Kalau ada orang atau komunitas yang membuat paket Linux, kemudian dalam paket tersebut ditambahkan berbagai aplikasi yang dibutuhkan, hasil pemaketannya ini disebut distro. dan tiap-tiap distro diberi nama seperti Fedora, Ubuntu, Linux Mint dll.


"" Desktop Environment : Lingkungan Kerja ""