Setting DHCP Server di Linux Ubuntu
How to - Linux

Pernah kerepotan memberi IP satu-satu dalam sebuah jaringan lokal? Saya sih sering kerepotan. Di tempat kerjaku, memberi IP secara manual ke klien bener-bener bikin capek, belum lagi kalau lupa urutannya, terus kasih berdasarkan perasaan, eh malah ndak konek karena IP-nya konflik alias dalam satu jaringan terdapat dua IP yang sama, hahahahaha.

Kalo cuman 1 atau 2 PC klien sih yaa masih gak apa-apa, tapi gimana kalo ada puluhan atau ratusan, wekekek.. Pasti mikir cara termudah kan? hehehe...

DHCP Server ini (menurut saya) merupakan suatu bentuk layanan dari sebuah server yang memberikan IP secara otomatis kepada klien, berdasarkan range IP yang sudah kita tentukan dan tentu saja satu "level" dengan IP Address si Server. (btw kalau mau cari definisi yang lebih afdol, silahkan cari di google/wikipedia aja ya)

Metode DHCP-nya pun ada 2 macam, dinamis (address Poll) dan statis (Mac Address). Kalo dinamis yaa setiap kali PC klient restart dia dikasih IP baru lagi tergantung situasi dan kondisi. Hehehehe Kalo statis IP klien walau direstart tetep dapat itu-itu aja.

Oke sekarang kita masuk ke tahap setting.

Yang pertama kita bahas untuk metode address poll alias IP dinamis.
  1. Ubuntu dah terinstall ya? (pasti lah...), mau yang server atau desktop terserah yang penting ubuntu.
  2. Install paket DHCP Server-nya dulu, silahkan ketik perintah di terminal
sudo apt-get install dhcp3-server
  1. Oke sekarang kita setting interfaces-nya yang nantinya akan menjadi server DHCP ini, silahkan edit dhcp3-server di /etc/default, atau pake perintah berikut

sudo nano /etc/default/dhcp3-server
Nanti di dalamnya ada tulisan INTERFACES ="", pada tanda kutip tersebut isi dengan interfaces yang anda gunakan sebagai server, misalnya: pada PC/Laptop anda ada dua buah LAN Card, salah satu (misalnya kita anggap eth0) masuk ke jaringan lokal yang akan di DHCP-kan, maka yang perlu di isi di sana adalah eth0, sehingga tulisannya jadi INTERFACES="eth0"
Kenudian, kita edit konfigurasi si DHCP ini, silahkan buka file-nya dengan perintah berikut:
sudo nano /etc/dhcp3/dhcpd.conf
silahkan isi dibaris paling bawah dengan perintah berikut:

subnet 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 { range 192.168.1.100 192.168.1.200; option domain-name-servers 192.168.1.1; option domain-name "internal.example.org"; option routers 192.168.1.1; option broadcast-address 192.168.1.255; default-lease-time 600; max-lease-time 7200; }

Pada bagian option domain name itu, isi sesuai dengan domain name server dan option domain name server yang dikehendaki.
  1. Kalo sudah, coba deh restart dhcp3-servernya, dengan perintah berikut:
sudo /etc/inti.d/dhcp3-server restart
  1. Silahkan di coba.... bagaimana hasilnya? Oh iya, untuk setting di sisi klien network jangan lupa pilih auto juga, atau kalau di XP pilih obtain.
Ok, insyaAllah sudah beres untuk metode address Poll, untuk metode mac address alias statik nanti aja saya bahas di postingan selanjutnya. (kalo sempet sama lagi mood)

blog.idlohulhaq.com