Scientific Linux 6.1 Alpha



Versi Alpha pertama dari Scientific Linux (SL) 6.1 telah diumumkan oleh pengembangnya. SL 6.1 dinyatakan sudah bisa diinstall , tetapi pengujian-pengujian utama belum selesai dilakukan seluruhnya. File ISO yang dapat diunduh sudah tersedia untuk 32 bit dan 64 bit , tetapi sebagaimana layaknya sebuah versi pengujian, sebaiknya tidak digunakan untuk tujuan produksi. Versi stabil terbaru dari Scientific Linux adalah versi 6.0.
Scientific Linux adalah sebuah rilis berbasiskan pada “Enterprise Linux” yang sesungguhnya adalah  Red Hat’s Enterprise Linux, meskipun pengembang SL sendiri mengatakan bahwa mereka merujuk pada  “The Upstream Vendor” atau “TUV” untuk menghindari masalah merek dagang.
SL dikompilasi ulang dari sumber dengan gaya yang sama dengan CentOS. Tapi tidak serupa dengan CentOS, komunitas Scientific Linux tampaknya terus menggunakan rilis sumber terbaru, sementara CentOS sendiri belum mengeluarkan rilis 6.0. Redhat meluncurkan  RHEL 6.1 pada pertengahan Mei lalu dan pengembang SL kini sudah merilis versi alphanya. Sebagai perbandingan, RHEL 6.0 dirilis pada November 2010 dan Scientific Linux 6.0 dirilis pada awal Maret 2011.
Scientific Linux dirakit oleh laboratorium-laboratorium dan universitas semacam Fermilab dan CERN, dan dirancang untuk menyediakan suatu platform yang umum untuk para peneliti. Para pengembang juga berusaha untuk membuat distro ini dapat dikustomisasi bagi kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh, Fermilab memiliki versi mereka sendiri dengan paket Kerberos. Scientific Linux diluncurkan pada tahun 2004 dan kini sudah menginjak tahun mereka yang ketujuh.



Download:





SL-61-i386-2011-05-31-Install-DVD.iso (3,559MB, SHA256)





SL-61-x86_64-2011-05-31-Install-DVD.iso (4,115MB, SHA256).





Sekilas Info :















Distribusi
Scientific Linux
Halaman Utama
Milis
Forum Pengguna
Dokumentasi
Cuplikan
Mirror Untuk Mengunduh
Tinjauan
6.x: Blogspot • Dedoimedo • Blogspot
5.x: DistroWatch • Dedoimedo • FRLinux (French)
Di Mana Membeli
LinuxCD.org • OSDisc.com (sponsored links)