Bagaimana cara menginstal multi sistem ISO di VMware ESXi

Dalam tutorial singkat ini, Anda akan belajar mensetting virtual CD-ROM dan sama sekali tidak berbeda dengan menggunakan CD / DVD tray.



Ketika menginstal sistem operasi yang lebih dari beberapa file, konsep inti tetap tidak berubah. Namun, alih-alih bekerja dengan hardware yang sebenarnya, Anda cukup dengan software.

































Uji kasus


Sebut saja Anda ingin menginstal salah satu versi terakhir dari CentOS, di nomor 5,5, yang satu set tidak kurang dari delapan ISO file image. Anda dapat memburning ke CD.



Tapi jika ESXi tidak memiliki CD ROM, dan jika Anda dalam kondisi jarak jauh dan tidak dapat memiliki akses fisik ke PC? maka anda harus menggunakan ISO images.



Baiklah, mari kita lihat bagaimana melakukannya.

Pertama, gunakan prompt dari installer virtual drive yg memakai CD ROM.







Kedua, Anda tidak perlu melepas / menghubungkan CD / DVD perangkat Anda. Ini tetap terhubung. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah mengedit pengaturan mesin virtual dan mengubah ISO image.







Pada jendela Properties, di CD / DVD drive, ubah file Datastore ISO yang Anda gunakan. Penyimpanan lokal atau remote, tidak ada bedanya.















































Pilih file ISO yang tepat:









Setelah Anda selesai mengklik OK beberapa kali, image baru akan siap digunakan. Lanjutkan instalasi seperti biasanya.



Kesimpulan


Proses instalasi keseluruhan dari ISO images melalui beberapa koneksi remote ke hypervisor bukanlah hal yang biasa, prosedur ini cukup mudah. Anda hanya harus perlu mengubah pointer ke file ISO yang benar dalam datastore dan membiarkan virtual machine OS yang kerja.




Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form