jenis OS selain linux dan windows

typhun
0
1. AmigaOS

AmigaOS ini tidak sepenuhnya berjalan di semua mesin power pc, OS ini supportd mesin power pc seperti AmigaOne SE, XE dan AmigaOne Mikro komputer.

License: Proprietary

Platform: PowerPC

State: Final



2. Haiku

Haiku adalah sebuah proyek open source yang bertujuan untuk melanjutkan pengembangan BeOS yang sebelumnya dibeli Palm dan ditelantarkan. Haiku pada awalnya diberi nama OpenBeOS tetapi kemudian diubah namanya di 2004.

Source model: Free and open source

License: MIT License

Platform: x86 and PowerPC

State: Pre-Alpha



3. ReactOS

ReactOS adalah sebuah OS yang didesain untuk kompatibel dengan aplikasi Windows. Proyek ini dimulai pada tahun 1998 dan kini sudah mampu mengoperasikan berbagai program Windows. Kernel ReactOS telah ditulis ulang dari awal dan menggunakan Wine untuk mengoperasikan aplikasi Windows.

Source model: Free and open source

License: Various free software licenses

Platform: x86 (more under development)

State: Alpha



4. Syllable

Syllable adalah sebuah OS gratis dan open source yang dicabangkan dari AtheOS, tiruan AmigaOS pada tahun 2002, Syllable Desktop merupakan OS yg ringan dan cepat, cocok untuk home and small office users.

Source model: Free and open source

License: GNU General Public License

Platform: x86

State: Alpha



5.SkyOS

SkyOS adalah sebuah proyek proprietary yang dikembangkan Robert Szeleney dan beberapa sukarelawan yang pada awalnya dimulai sebagai percobaan terhadap desain OS. SkyOS ditujukan sebagai OS desktop mudah pakai untuk pemula. Berbagai aplikasi populer seperti Firefox telah dimigrasikan untuk dapat dipakai di SkyOS.

Source model: Closed source

License: Proprietary

Platform: x86

State: Beta



6. MorphOS

MorphOS adalah sebuah OS ringan yang khusus didesain seputar penggunaan media, hanya dapat dioperasikan di PowerPC. OS ini mendapat inspirasinya dari AmigaOS dan juga mengemas emulasi yang memungkinkannya untuk menggunakan aplikasi-aplikasi Amiga.

Source model: Closed source

License: Mixed proprietary and open source

Platform: Pegasos, some Amiga models, EFIKA



7.AROS

AROS adalah sebuah OS open source ringan yang didesain untuk tidak saja kompatibel dengan AmigaOS 3.1, tetapi juga lebih baik dari Amiga. Proyek ini dimulai pada tahun 1995 dan hari ini dapat dioperasikan di perangkat keras berbasis PowerPC dan IBM PC. AROS juga mengemas sebuah emulator yang dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi Amiga.

Source model: Open source

License: AROS Public License

Platform: x86 and PowerPC



8. MenuetOS

Dikenal juga sebagai MeOS, OS ini ditulis dalam assembly sehingga berukuran sangat kecil dan berkinerja sangat tinggi. Walaupun OS ini sudah mengikutkan GUI, fitur jaringan dan banyak lagi, OS ini masih dapat dimuat ke dalam sebuah floppy 1.44 MB.

License: Menuet License

Platform: x86

State: Beta



9.DexOS

DexOS merupakan OS yang didisain untuk bekerja seperti pada game console dan tampilannya terinspirasi dari video game console. Sama seperti MenuetOS, DexOS juga dibuat dengan menggunakan bahasa assembly sehingga dapat dijalankan di flashdisk, floopy disk, dll.

Source model.

Source model: Free and open source

Platform: x86



10. Visopsys

Visopsys merupakan OS yang kompatibel dengan PC, pengembangannya dimulai sejak tahun 1997 oleh serorang programmer bernama Andy McLaughlin. Visopsys merupakan singkatan dari VISual Operating SYStem.

Source model: Open source

License: GPL

Platform: x86

State: Final

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)