4 Karakteristik dari Data Warehouse

typhun
0
1. Subject oriented

Sebuah data warehouse disusun dalam subjek utama, seperti pelanggan, suplier, produk, dan sales. Meskipun data warehouse terkonsentrasi pada operasi harian dan proses transaksi dalam perusahaan,  data warehouse fokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuat keputusan. Oleh karena itu  data warehouse  mempunyai karakter menyediakan secara singkat dan sederhana gambaran seputar subjek lebih detail yang dibuat dari data luar yang tidak berguna dalam proses pendukung keputusan.

WareHouse

2. Integrated

Data warehouse biasanya dibangun dari bermacam-macam sumbe yang berbeda, seperti  database  relasional,  flat files, dan  on-line transaction records. Pembersihan dan penyatuan data diterapkan untuk menjamin konsistensi dalam penamaan, struktur kode, ukuran atribut, dan yang lainnya.

3. Time Variant

Data disimpan untuk menyajikan informasi dari sudut pandang masa lampau (misal 5 – 10 tahun yang lalu). Setiap struktur kunci dalam data warehouse mempunyai elemen waktu baik secara implisit maupun eksplisit.

4. Nonvolatile

Sebuah data warehouse secara fisik selalu disimpan terpisah dari data aplikasi operasional.  Penyimpanan yang terpisah ini, data warehouse tidak memerlukan proses transaksi,  recovery  dan mekanisme pengendalian konkurensi. Biasanya hanya membutuhkan dua operasi dalam akses data yaitu initial load of data dan access of data.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)