Pengertian Data Warehouse

Data warehouse adalah sebuah sistem yang mengambil dan menggabungkan data   secara periodik dari sistem sumber data ke penyimpanan data bentuk dimensional atau normal (Rainardi, 2008).

Data warehouse  merupakan penyimpanan data yang berorientasi objek, terintegrasi, mempunyai variant waktu, dan menyimpan data dalam bentuk  nonvolatile  sebagai pendukung manejemen dalam proses pengambilan keputusan (Han,  2006).
Data-WareHouse

Data warehouse  menyatukan dan menggabungkan data dalam bentuk multidimensi. Pembangunan data warehouse meliputi pembersihan data, penyatuan data dan transformasi data dan dapat dilihat sebagai praproses yang penting untuk digunakan dalam data mining. Selain itu   data warehouse  mendukung  Online Analitycal Processing (OLAP), sebuah kakas yang digunakan untuk menganalisis secara interaktif dari bentuk multidimensi yang mempunyai data yang rinci. Sehingga dapat memfasilitasi secara efektif data generalization dan data mining.

Banyak  metode-metode  data mining yang lain seperti asosiasi, klasifikasi, prediksi, dan  clustering, dapat diintegrasikan dengan operasi Online Analytical Processing (OLAP) untuk meningkatkan proses mining yang interaktif dari beberapa level dari abstraksi. Oleh karena itu data warehouse menjadi platform yang penting untuk data analisis dan Online Analytical Processing (OLAP) untuk dapat menyediakan platform yang efektif untuk proses data mining.

sumber : http://a99s.blogspot.com/2012/03/pengertian-data-warehouse.html